Monday, October 28, 2013

Cara Menghindari Pengaruh Negatif Google Penguin

Pengaruh Google Penguin
Cara Menghindari Pengaruh Negatif Google Penguin. Google semakin gencar melakukan update algoritma terbaru untuk memaksimalkan kinerja mesin pencari raksasanya itu. Update algoritma tersebut diberi nama resmi Google Penguin. Dampak dari penguin terbaru adalah turunya traffic blog secara drastis dari search engine. Bahkan banyak blog yang diberi sangsi google penalti dimana akibatnya blog hilang dari halaman pencarian di search engine Google. Hal ini tentunya bisa dirasakan dengan menurunan penghasilan bagi mereka yang memanpaatkan blog sebagai sumber penghasilan

Tahukah Anda apakah Google Penguin Itu

Sebuah nama yang diberikan Google untuk update rutin algoritma mesin pencari dimana goole penguin lebih fokus untuk melakukan perbaikan kualitas pada hasil pencarian Google Search Engine atau yang lebih dikenal dengan "SERP". Kerja yang dilakukan oleh penguin yaitudengan cara menurunkan ranking, atau membersihkan serta memberikan sangsi deindeks bagi blog atau situs yang diketahui sebagai "situs spam". Yang termasuk situs spam yaitu situs-situs yang dengan sengaja melanggar aturan "Google Quality Guidelines". Sedangkan blog atau situs yang tergolong sebagai situs yang mentaati peraturan kualitas itu akan mendapatkan peringkat tinggi di search engine Google.

Seperti yang kita tahu bahwa Google memang membuat aturan mengenai kualitas sebuah blog maupun web. Akan tetapi karena tidak belajar banyak, sehingga para blogger mungkin belum mengetahui aturan ini, bisa juga peraturan tersebut diabaikan oleh para blogger. Bagi anda yang mengetahui aturan tentang “Google Quality Guidelines” dan selama ini selalu mentaati serta mengikutinya dengan baik, sebetulnya kehadiran update terbaru Google Penguin ini tidak akan menjadi sebuah moment menakutkan. Karena blog atau situs anda tidak akan terkena dampak negatif dari Google Penguin.

Berikut ini saya sedikit akan membahas cara atau tips untuk menghindari dampak negatif dari update Google Penguin. Beberapa tips yang diambil dari Google Quality Guidelines.

Jangan Menggunakan Hidden Text dan Hidden Links

Biasanya disadari atau tidak banyak dari blogger yang seing menggunakan hidden text dan hidden links. Sebuah praktek yang sengaja dilakukan untuk menyembunyikan supaya link atau text tidak bisa dilihat para pengunjung blog, tetapi masih dapat dibaca oleh robot mesin pencari. Hal tersebut biasa dilakukan pada kata kunci utama yang dibidik, dengan maksud supaya bisa meningkatkan ranking di search engine. Cara yang dilakukan sebagai bagian yang termasuk praktek hidden text dan hidden links contohnya warna teks dibuat persis dengan background color blog, bisa juga dilakukan dengan menggunakan teks dibalik gambar yang dimuat, atau bisa juga memanpaatkan CSS. Apapun cara yang dilakukan itu, jika saja diketahui oleh Google Penguin maka google akan menghapus blog tersebut dari indeks mesin pencari. Tentu saja dampak negatifnya adalah hilangnya blog atau situs anda dari halaman hasil pencarian Google.

Hindari Praktek Cloaking

Cloaking merupakan sebuah cara untuk menampilkan URL yang sama dengan view yang berbeda. Artinya url yang ditampilkan untuk mesin pencari dan pengunjung tidak sama. Misalnya url tersebut kepada pengunjung ditampilkan berupa halaman dengan konten gambar atau video, sedangkan untuk mesin pencari ditampilkan berupa teks html.

Hindari Penggunaan Keywords Stuffing

Stuffing merupakan sebuah trik SEO dengan cara melakukan pemadatan pada kata kunci yang dibidik sehingga memenuhi halaman blog dengan tujuan agar mendapatkan peringkat tinggi di search engine. misalnya keywords density untuk artikel yang dibuat sekitar 10 kali dan itu termasuk “over optimization”. Cara stuffing ini dapat diterapkan juga pada meta tags ataupun posting tags. Misalnya saja blog menampilkan kata kunci dala jumlah yang terlalu besar pada hasil pencarian, biasanya dilakukan dengan menggunakan koma sebagai pemisah setiap keyword di bagian footer posting tags.

Hindari Praktek Duplikat Konten

Blog yang memiliki isi artikel atau dengan judul dan konten yang sama persis dengan blog lain disebut blog duplikat konten. Sebetulnya persoalan duplikat konten ini juga bisa saja terjadi di dalam blog anda, yaitu blog yang memiliki beberapa artikel yang isinya hampir sama persis dengan artikel lain meskipun masih terdapat di dalam satu blog yang sama.

Hindari Pembuatan Situs Doorway

Yang dimaksud situs doorway adalah blog yang memiliki konten tidak berkualitas. Situs doorway ini seringkali menggunakan teknik stuffing keyword. Blog yang tergolong sebagai situs doorway kebanyakan situs atau blog yang dibuat khusus untuk affiliate site. Situs seperti ini hanya membuat pengunjung kesal dan frustasi sebab mereka hanya dibawa untuk berputar tetapi masih untuk tujuan yang sama.

Buatlah Artikel Berkualitas dengan Konten Unik yang Relevan

Setiap pemilik blog tentu menginginkan untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang dibangunnya itu. Jadi tentu tidak salah memiliki blog yang dimonetisasi seperti dengan mengikuti affiliasi program. Hanya saja supaya blog tersebut mendapat peringkat tinggi di search engine, buatlah banyak artikel dengan konten yang unik serta relevan dengan topik blog yang dibuat.

Cara agar melakukan optimisasi blog untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di search engine, sebetulnya tidak selalu harus dengan cara seperti yang diuraikan di atas. Bahkan jika anda melakukan optimasi SEO dengan cara yang sesuai aturan google justru akan membuat peringkat tinggi blog mampu bertahan lama. Google telah berulangkali menggarisbawahi bahwa “content is the king”. Artinya artikel yang memiliki konten berkualitas selalu akan mendapatkan ranking yang tinggi di mesin pencari. Bangunlah blog dengan tujuan yang baik, agar mampu menghasilkan sesuatu yang baik juga, pikirkan agar anda mampu merawatnya untuk jangka panjang ke depan. Dengan begitu tentunya anda bisa memonetisasi blog yang anda bangun sehingga memberikan manpaat yang baik untuk orang lain juga memberikan penghasilan yang sesuai harapan anda.

Penyelesaian Masalah Menghindari Dampak Alogaritma Baru Search Engine Google

  • Hapus hidden text atau hidden links atau tampilkan sehingga bisa dilihat oleh pengunjung.
  • Untuk penggunaan Javascript, gambar dan video, gunakan atribut "noscript" tag, "ALT" tag.
  • Silahkan hapus teknik cloaking atau tampilkan URL dengan view yang sama baik untuk mesin pencari atau untuk pengunjung blog.
  • Hapus semua keyword stuffing yang ada pada blog, kemudian perbaiki dengan cara membuat meta tags dan posting tags secara wajar.
  • Jangan gunakan plugin seperti “Search Term Tagging”.
  • Jika sangat diperlukan untuk memasang sidewide link pada footer, anda harus dapat memastikan bahwa link yang dipasang itu relevan dengan niche blog Anda. Contoh  link "Template Seo Friendly" digunakan pada blog yang bertema SEO.
  • Buatlah judul blog dan setiap permalink dengan tingkat kepadatan kata kunci sewajarnya saja.
  • Hindari praktek copy paste artikel dari blog lain.
  • Jika terdapat konten yang sama dalam satu blog anda bisa menggunakan Redirect 301 sebagai cara mencegah robot search engine mengindeks tersebut.
  • Hindari membuat situs doorway atau doorway page.
  • Jika Anda terlanjur sudah membuat situs sebaiknya cepat perbaiki dan lakukan optimisasi secara wajar.
  • Periksa kembali jika anda adalah pemilik blog yang di monetisasi dengan program affiliasi, periksa kembali setiap artikelnya agar bisa anda pastikan bahwa blog tersebut mempunyai artikel berkualitas dengan niche konten yang unik serta relevan.


Suka dengan artikel ini, Bagikan:

0 comments :

Post a Comment