Monday, October 21, 2013

Cara Teruji Monetisasi Blog Untuk Pemula

6 TIPS TERUJI Monetisasi Blog Untuk Pemula
Cara Teruji Monetisasi Blog Untuk Pemula. Hal yang paling sering dipertanyakan oleh para beginer atau blogger pemula adalah; "bagaimana sebenarnya cara agar dapat uang dari bikin blog? Soalnya kadang bingung harus mulai dari mana. Apakah ada cara yang bisa dijelaskan secara mudah langkah demi langkah untuk membuat blog kemudian bisa menghasilkan uang?"

Pertanyaan yang sebetulnya memang selalu menjadi permasalahan bagi mereka yang baru saja mau memulai mencoba terjun di dunia blogging. Tidak bisa disangkal bahwa sebetulnya banyak sekali informasi berupa tips ataupun trik yang tersebar di internet yang bisa menjawab pertanyaan di atas tadi. Tetapi pada kenyataanya ternyata dengan banyaknya informasi tersebut tidak selalu membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Justru dengan terlalu banyaknya informasi yang ada tidak sedikit yang akhirnya malah malah dibuat bingung. Untuk memilih mana informasi yang benar? Mana yang bisa dipercaya, dan mana yang sebetulnya harus diikuti?

Keadaan itu menjadikan para pemula yang sedang bingung, malah tidak bisa menemukan dari mana sebenarnya ia harus memulai untuk membuat blog dan mendapatkan penghasilan dari kegiatan bloggingnya itu.

Tanpa bermaksud untuk menggurui, artikel ini saya buat untuk menjawab pertanyaan awal yang di atas. Khusus saya tulis untuk sahabat yang benar-benar masih baru, atau "newbie" berkecimpung di dunia blogging. Istilah baru yang dimaksud, artinya tidak pernah mencoba sama sekali terjun di dunia blogging.

MENENTUKAN NICHE KEYWORD

Sebuah pohon besar selalu di topang oleh akar yang tentu saja menancap kuat ke dalam tanah. Itu perumpamaan saya untuk Keyword atau Niche. Jadi pada tahap ini adalah proses pertama yang utama dan sangat penting, anda harus menentukan sejak awal topik tentang apa yang Anda ingin tulis? Contohnya: Kesehatan? Komputer? Fashion? Atau Review Produk?

Alasan menyukai topik untuk blog yang akan dibuat adalah kunci penting?

  • Pertama, jika Anda menentukan niche dengan topik yang disukai untuk Anda tulis di blog, kemungkinan besar kemampuan dan semangat Anda akan bertahan lama di dunia blogging dapat dipertahankan dengan baik.
  • Kedua, apabila Anda memilih niche yang disukai untuk Anda tulis di blog, maka pembaca bisa melihat hoby dan keahlian Anda di dalam setiap artikel yang Anda tulis. Hal yang nantinya akan menjadi kendala dan menyulitkan bagi Anda untuk dapat meyakinkan pembaca apabila Anda sendiri tidak yakin dengan apa yang Anda tulis itu. Penentuan awal memilih niche blogging ini terbukti masih lebih baik jika dibandingkan dengan general blogging ataupun rewrite blogging. Apapun yang anda tulis yang sedang happening di sekeliling anda, itu justru akan lebih baik jika anda mampu menulisnya dengan penuh fokus pada satu topik yang disukai.

Bagaimana cara menentukan niche keyword untuk blog? Berikut dibawah ini adalah beberapa tahap sederhana cara menentukan niche atau keyword untuk blog yang baru akan Anda buat:

1. Pilih Topik Umum
Jika masih bingung tidak harus memulai dari nol. Sebab saat ini banyak sekali situs atau blog yang bisa Anda cermati dan manfaatkan untuk dijadikan sebuah sumber referensi awal. Kita buat contoh dari Liputan6.com. Pada halaman utamanya, Anda bisa melihat banyak kategori yag dibuat berdasarkan topik umum seperti Bisnis, Techno, Health, Bola, News, Foto dan lain-lain. Nah dengan mencontoh seperti itu Anda bisa memanfaatkan kategori-kategori tersebut, manakah topik yang paling Anda sukai atau anda lebih profesi untuk topik itu? Pilihlah salah satu lalu buat skema awal dan tulis pada selembar kertas. Contohnya saja Anda memilih topik "Techno".

2. Persempit Topik atau Niche yang Dipilih
Dari topik awal yang sudah Anda dapatkan, lalu persempit lagi. Techno dalam bidang apa yang paling Anda sukai atau anda berprofesi dalam bidang itu? Komputer? Software? Serpis Printer? Handphone? Kita ambil contoh Anda memilih Komputer. Komputer dalam kategori apa? Hardware? Software? Serpis? Misalnya disini anda pilih "Serpis", topik itu masih bisa dipersempit lagi yaitu misalnya dengan memilih "Serpis Printer". Semakin sempit dan terfokus topik yang dipilih itu nantinya akan semakin baik untuk anda lebih fokus dalam menulis. Sekali lagi, pilih salah satu dan mualilah tulis lagi pada selembar kertas. Misalnya Anda memilih "Serpis Printer".

3. Riset Kata Kunci atau Topik
Jika Anda sudah bisa memilih dan menentukan niche lalu mempersempit topik tersebut, tahap berikutnya adalah melakukan riset niche atau keyword, atau topik yang dipilih itu. Riset topik atau kata kunci yaitu dimaksudkan agar mendapatkan informasi mengenai tingkat persaingan untuk topic yang dipilih itu, seberapa besar persaingannya pada hasil pencarian search engine. Jumlah banyak atau sedikitnya hasil pencarian untuk topik yang Anda pilih tersebut nantinya akan mempengaruhi tingkat persaingan pada search engine. Dengan mengetahui tingkat persaingan, banyaknya hasil pencarian di search engine dan kata kunci yang berkaitan dengan topik yang Anda pilih, maka kesempatan untuk menguasai segmen pasar untuk niche atau keyword yang dipilih semakin besar.

CARA MEMBANGUN BLOG

Tahap berikutnya apabila Anda telah siap dengan niche atau keyword yang dipilih untuk ditekuni, inilah waktunya untuk mulai membangun blog baru. Saran saya apabila Anda benar-benar newbi atau masih sangat baru mau membuat blog, pilihlah yang gratisan dulu seperti memanfaatkan Blogger.com atau Wordpress.com. Kedua platform blogger ini adalah yang paling populer juga sangat mudah digunakan. Bagi Anda yang baru belajar membuat blog untuk keperluan make money from blogging, sebaiknya gunakan Blogger.com sebab merupakan pilihan yang lebih mudah digunakan ketimbang menggunakan Wordpress. Wordpress yang gratis tidak dapat dimonetisasi untuk keperluan menghasilkan uang dari blog. Sedangkan fitur yang terdapat pada Blogger dapat digunakan untuk monetisasi uang dari blog seperti (Google Adsense).

MENULIS ARTIKEL UTAMA ATAU ARTIKEL PILAR

Yang dimaksud artikel pilar jika boleh saya terjemahkan secara sederhana adalah sebuah artikel yang dibuat biasanya ditulis dalam artikel panjang dan terstruktur, dimana artikel tersebut berisi informasi yang sangat berharga yang merupakan rujukan utama mencerminkan isi dari niche blog Anda yang sangat bermanfaat. Sebuah artikel pilar ini merupakan artikel yang berkualitas karena itu tidak terikat oleh waktu, selalu dibaca oleh mereka yang membutuhkannya. Artikel pilar atau artikel utama ini memiliki peran yang cukup penting untuk membangun kredibilitas sebuah blog, juga berfungsi untuk menarik traffic pengunjung. Apabila Anda betul dengan serius ingin menekuni pekerjaan untuk mendapatkan uang dari blog, saran saya, usahakan paling tidak Anda harus menulis 5 s/d10 artikel pilar atau artikel utama di blog Anda.

Konsep untuk artikel utama atau artikel pilar
  • Tips dan Trik. Buatlah artikel yang berisi tentang tips-tips atau trik yang dapat Anda berikan kepada pembaca untuk membantu menyelesaikan setiap permasalahan yang sedang dihadapi pengunjung blog.
  • Panduan atau Artikel Tutorial. Buatlah Artikel yang berisi mengenai panduan dimana pengunjung bisa mengikuti langkah demi langkah tutorial praktis tentang cara bagaimana melakukan sesuatu akan sangat bermanfaat.
  • Ruang Tanya Jawab. Kalo perlu buatlah halaman khusus untuk bertanya. Dimana Anda sebagai admin atau bahkan pengunjung lain bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para pembaca.
  • Konsep Studi Kasus. Buatlah artikel yang berkualitas tentang sebuah studi kasus tertentu dimana studi tesebut Anda lakukan sendiri untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pengunjung dan pembaca blog Anda.

CARA MELAKUKAN OPTIMASI SEO DAN SMO

Tahap awal membuat blog adalah satu hal yang boleh dikatakan cukup mudah, tetapi apakah blog yang dibuat itu nantinya mudah dicari melalui search engine? Itu merupakan pertanyaan penting selanjutnya. Apabila pada kenyataanya blog Anda sulit ditemukan melalui search engine, tentu saja dapat diperkirakan jumlah pengunjung dan pembaca sangat terbatas. Sebab pengunjung terbesar blog selalu berasal dari search engine baik itu dari Google , Bing maupun Yahoo. Oleh sebab itu optimasi atau yang lebih dikenal dengan SEO ini merupakan langkan yang sangat penting. Optimasi kedua yaitu SMO atau dikenal sebagai Sosial Media Optimization. Kedua hal tersebut menurut saya adalah langkah WAJIB yang perlu dijadikan prioritaskan apabila Anda ingin agar blog yang dibangun dapat menghasilkan uang.

Apa itu SEO? Apa itu SMO?

SEO untuk istilah search engine optimization adalah suatu teknik yang dilakukan untuk memaksimalkan peringkat atau posisi ranking sebuah blog pada hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo. Jika peringkat blog atau ranking blog Anda semakin tinggi di mesin pencari, tentu saja akan semakin besar juga peluang dan kesempatan mendapatkan traffic pengunjung dalam jumlah yang besar.

SMO untuk istilah social media optimization merupakan bagian dari strategi promosi blog yang dilakukan dengan memanpaatkan social media seperti (Facebook, Twitter, Digg, dll).

Dengan melakukan kedua konsep optimasi SEO dan SMO ini tentunya blog Anda akan bisa bersaing untuk mendapatkan traffic pengunjung melalui mesin pencari ataupun dari situs social media.

MELAKUKAN OPTIMASI OFF PAGE

Dengan melakukan optimasi SEO dan SMO saja untuk saat ini sepertinya belumlah cukup. Masih ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan dan mendatangkan trafik yang banyak. Optimasi yang dimaksud misalnya bisa dengan memasang iklan baris di berbagai situs iklan baris gratis misalnya. Ataupun jika anda serius untuk mendapatkan uang dari blog, Anda bisa memasang iklan di Google Adwords atau di Facebook, atau di media jasa iklan berbayar yang lain.

Intinya semakin bagus konsep dan strategi promosi yang dilakukan, tentu saja hasilnya akan semakin besar juga untuk mendapatkan peluang supaya blog Anda dapat menghasilkan uang sesuai yang diinginkan.

CARA MONETISASI BLOG AGAR MENGHASILKAN UANG

Tahap terakhir yang harus Anda lakukan agar blog yang anda buat dapat menghasilkan uang adalah menentukan cara monetisasi. Setelah blog memiliki trafik yang bagus minimal 1000 atau 300 pengunjung per hari yang cukup signifikan dan stabil, sudah saatnya Anda dapat mulai menentukan program apa yang akan ikuti supaya blog Anda bisa menghasilkan uang. Banyak sekali program monetisasi yang dapat dipilih.

Mengikuti Beberapa Program Untuk Monetisasi Blog
  1. PPC (Pay Per Clik) dimana anda mendaftarkan blog ke salah satu penyedia jasa publisher kemudian memasang iklan mereka di blog tersebut. Anda dibayar dari klik iklan yang dilakukan oleh para pengunjung blog. Misalnya daftar di (Kliksaya.com. Adsensecam.com, Chitika, Infolink dan masih banyak lagi PPC lokal ataupun luar yang bisa anda ikuti. 
  2. Google adsense. Anda juga bisa mendaptar untuk ikut menjadi publisher google adsense dengan mendaftarkan blog ke adsense google.
  3. Membuka lapak iklan banner. Jika pengunjung blog sudah banyak dan trafik sudah stabil. Membuka lapak iklan ini juga merupakan salah satu pilihan untuk memonetisasi blog agar bisa menghasilkan uang. Contoh membuka lapak baner dibawah ini:
  • 125px x 125px = Rp.50.000
  • 250px x 250px = Rp.90.000
  • 100px x 600px = Rp.150.000
  • Iklan banner header = Rp.200.000

Jika tahap monetisasi ini sudah dilakukan, saatnya Anda menunggu saja, karena blog sudah siap untuk menghasilkan uang. Fokuslah untuk terus mengelola blog yang telah dibangun tersebut dengan mengupdate artikel secara teratur, lakukan beberapa langkah untuk mengevaluasi hasil yang diperoleh dan jangan segan untuk melakukan segala tindakan perbaikan jika diperlukan.

Itulah beberapa cara yang sudah teruji yang bisa dilakukan apabila Anda ingin mulai menghasilkan uang dari membuat blog. Namun demikian, semua tahap yang dibahas diatas hanyalah sebuah referensi dan teori dasar. Selanjutnya kembali kepada diri Anda secara pribadi. Sebesar apa semangat dan keinginan Anda untuk berhasil membangun dan memonetisasi blog yang dibuat. Take Action Now.


Suka dengan artikel ini, Bagikan:

0 comments :

Post a Comment