Thursday, October 24, 2013

Cara Menulis Artikel Yang Baik Berkualitas SEO

artikel berkualitas
Cara Menulis Artikel Yang Baik Berkualitas SEO. Hal yang sepertinya mudah tapi dalam prakteknya ternyata menulis artikel yang baik dan berkualitas itu membutuhkan konsentrasi, pengalaman serta penguasaaan tata bahasa yang baik pula. Seringkali banyak pertanyaan yang diajukan tentang "Bagaimana cara menulis artikel berkualitas yang berstandar SEO?" Untuk itu saya akan mencoba mengupasnya sesuai dengan pengalaman pribadi selama berkecimpung di dunia blogger.

Menulis adalah aktifitas yang sebetulnya cukup menyenangkan jika saja apa yang anda tulis merupakan bagian dari sesuatu yang anda senangi. Yang jadi pertanyaanya adalah bagaimana menulis hal yang disukai tersebut menjadi sebuah artikel yang mudah dibaca, gampang dimengerti orang tanpa harus berbelit-belit. Alasan saya ingin membahas mengenai cara menulis artikel yang berkualitas dan berstandar SEO ini adalah karena pada tahap ini merupakan bagian yang sangat penting dari optimisasi SEO untuk membangun sebuah niche blog.

Penting untuk selalu membuat postingan dengan tulisan yang berkualitas dimana setiap kalimat yang ditulis merupakan kata kunci dari hasil riset. Bagi yang belum paham betul bagaimana melakukan riset kata kunci, Anda bisa membaca artikel yang akan saya tulis pada posting berikutnya.

Cara Riset Kata Kunci

Apabila keyword atau kata kunci sudah ditentukan untuk artikel yang ingin anda buat, adalah saat yang tepat untuk memulai menulis. Jangan lupa perlu anda perhatikan beberapa faktor penting berikut ini sebelum memulai menulis artikel.

Pemilihan Judul Yang Tepat

Langkah awal menentukan judul artikel ini penting. Harus dipastikan dalam judul yang dibuat memiliki kata kunci utama yang paling penting untuk artikel tersebut. Untuk panjang judul ada baiknya terdiri dari 5 sampai 7 kata, jangan terlalu panjang sebab akan semakin mengurangi kerapatan kata kunci nantinya. Kalaupun Anda ingin membuat sebuah judul dari kata kunci yang sedang trend usahakan tidak mengabaikan kata kunci utama agar tetap terkandung di dalam judul tersebut. Misalnya, Anda ingin buat judul "Harga Laptop I Core5 Turun Drastis" untuk merubahnya cukup dibuat jadi "Wow! Harga Laptop I Core5 Turun Drastis".

Penting Dalam Menentukan URL Artikel

Seandainya tidak ada pilihan lain, sehingga Anda harus membuat judul untuk URL cukup panjang khususnya untuk para user blogspot Anda dapat mengatur URL tersebut supaya bisa dimuat semua yaitu dengan tips berikut ini. Di sebelah kanan ketika anda menulis artikel baru ada tab "Permalink". Untuk menentukan URL panjang yang seperti anda inginkan silahkan klik tab Permalink itu, lalu terbuka tampilan seperti pada gambar dibawah ini.




Url yang terlalu panjang secara otomatis akan dipotong oleh system, sehingga tidak akan ditampilkan secara keseluruhan sesuai judul aslinya, untuk mengatasi hal itu agar url lebih SEO Friendly maka anda ganti dengan cara mengubah permalink tersebut, caranya Anda hanya perlu mengetikkan kalimat terakhir dari URL itu. Misalnya, untuk URL artikel yang saya tulis ini judulnya cukup panjang, agar url lebih SEO Friendly seharusnya;

http://nicheseoblog.blogspot.com/2013/10/cara-menulis-artikel-yang-baik-berkualitas-seo.html

jadi yang perlu saya tulis dalam kotak permalink seperti berikut;
cara-menulis-artikel-yang-baik-berkualitas-seo

Penting tanda hubung (-) harus disertakan dalam url yang ditulis sebagai pemisah setiap kata. Dengan demikian url yang Anda buat menjadi SEO friendly.

Maksimalkan Penggunaan Label Untuk Setiap Artikel

Penggunaan label pada setiap artikel yang Anda buat itu penting. Tentukan label yang tepat sebagai deskripsi untuk artikel yang diposting. Letak tab label tersebut berada di sebelah kanan paling atas, ketika anda menulis sebuah artikel baru. Untuk penggunaan label yang lebih dari satu Anda bisa memisahkannya dengan menggunakan tanda koma. Untuk blog dengan tema campuran pemasangan gadget label pada sidebar mempunyai peranan cukup penting guna membantu mengaliran pagerank ke setiap halaman artikel yang terdapat pada blog.


label artikel

Gunakan Meta Deskripsi

Tahap ini juga merupakan bagian yang cukup penting untuk dikerjakan. Pemasangan meta deskripsi dapat meampilkan snippet pada hasil pencarian di serch engine Google. Untuk itu pastikan Anda selalu menggunakan pada setiap artikel yang anda posting. Adapun seberapa panjang meta deskripsi yaitu 150 karakter. Agar bisa mengaktifkan fitur meta deskripsi ini anda bisa membaca artikel cara memasang meta description.


Meta description

Lakukan Optimisasi Pada Setiap Artikel


Optimisasi pada artikel bisa dilakukan dengan beberapa cara. Buatlah artikel paling sedikit 500 kata. Kemudian usahakan ada pengulangan untuk kata kunci setidaknya tiga kali di dalam artikel untuk setiap posting. Gunakan hurup tebal atau hurup miring pada setiap kata kunci yang terdapat pada paragraf pertama. Disarankan untuk selalu mengunakan bahasa baku agar menjadi sebuah artikel yang berkualitas. Pada setiap artikel dengan panjang sebanyak 500 kata atau lebih, alangkah lebih baik lagi apabila menggunakan 1 subheading H2 atau H3 sebagai frasa yang mengandung kata kunci untuk artikel tersebut.


heading tag

Gunakan ALT Tag Pada Setiap Gambar Di Dalam Artikel

Pastikan gambar yang anda pasang mengandung Alt tag. Alt tag ini berfungsi memberitahu serach engine mengenai isi gambar tersebut, sebab Googlebot tidak dapat mengenali gambar jika tidak diberi alt tag pada gambar yang digunakan di dalam artikel. Usahakan ukuran gambar tidak terlalu besar, sebab akan mempengaruhi cepat dan lambatnya loading sebuah halaman. Jika anda menggunakan hosting blogspot, gambar yang digunakan disarankan diupload saat membuat artikel, dan tidak menggunakan gambar yang lokasinya dihosting lain. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mempercepat loading gambar terutama pada jam sibuk karena banyaknya pengguna yang sedang aktif.


penggunaan alt tag

Penggunaan Link Menuju Artikel atau Halaman Lain Pada Setiap Artikel

Apabila pemasangan link pada artikel yang anda buat memang sangat diperlukan sebaiknya perhatikan beberapa metode pemasangan link dibawah ini.
  • Untuk setiap link yang dipasang di dalam setiap artikel, pastikan link tersebut selalu terbuka sebagai tab baru,  ceklis "Open this link in new window". Lihat gambar penjelas.

cara memasang link di dalam artikel

  • Khusus untuk setiap link yang keluar yang menuju halaman blog lain gunakan rel='nofollow', tetapi untuk link yang keluar menuju blog anda sendiri tidak perlu.
  • Buatlah paling tidak ada 2 link yang menuju artikel lain tetapi masih di dalam blog anda, link tersebut juga harus menuju pada artikel lain yang memiliki konten yang masih berkaitan. Fungsi membangun internal link ini penting sebagai cara untuk mempermudah search engine dalam melakukan setiap index blog anda.

Buatlah Artikel Yang Dapat Memberikan Solusi Atau Memberikan Informasi Penting Yang Dibutuhkan Pembaca


Setiap pengunjung yang membaca setiap postingan anda, tentu akan tertarik ketika mereka menemukan solusi pada setiap masalah yang sedang dihadapi, bisa saja pengunjung menjadi pembaca setia yang akan datang setiap saat, dengan begitu tentu saja akan membuat reputasi blog anda lebih baik. Itulah beberapa tips bagaimana cara menulis artikel yang baik berkualitas SEO.  Semoga membantu dan bermanpaat.


Suka dengan artikel ini, Bagikan:

0 comments :

Post a Comment