Tuesday, October 22, 2013

Cara Monetisasi Blog Supaya Sukses

Cara Monetisasi Blog Supaya Sukses
Cara Monetisasi Blog Supaya Sukses. Semakin hari jumlah blogger yang termotivasi membuat blog dengan tujuan komersil semakin tidak terhitung jumlahnya. Hal ini membuktikan kemajuan dunia blogging semakin meningkat, dan keinginan untuk memilih bisnis online dengan menekuni aktifitas menjadi bloggerpun semakin banyak peminatnya. Namun hal yang sangat disayangkan ternyata masih banyak blogger yang belum paham benar dengan apa yang dikerjakannya itu.

Sebelum memulai aktifitas bisnis online hal yang harus dipahami betul adalah konsepnya. Banyak sekali bisnis online saat ini yang bisa dijadikan sebagai pilihan, namun konsep dasarnya adalah satu yaitu traffic. Apa itu traffic? Traffic yaitu jumlah pengunjung yang akan datang ke blog anda setiap hari. Yang penting harus anda ketahui yaitu ada dua jenis traffic.

Monetisasi blog atau segala aktifitas membuat blog niche supaya bisa menghasilkan uang, pada prosesnya tidak berbeda jauh dengan bisnis di dunia nyata. Artinya agar bisnis online atau monetisasi blog yang anda lakukan berhasil. Jelas Anda membutuhkan banyak calon pembeli agar bisa merubah segala aktifitas yang dilakukan menjadi uang. Ini memang bukan pekerjaan yang mudah jadi hal penting pertama yang harus anda lakukan sebelum memulai bisnis online atau monetisasi blog adalah setting mindset anda.

Penting Untuk Melakukan Setting Mindset

Lakukan kegiatan dengan fokus dan teratur dengan cara memelihara blog yang akan dijadikan untuk bisnis online. Disadari atau tidak banyak dari kita sebagai blogger yang mungkin naif. Berpikir praktis dan instan beranggapan bahwa dengan membuat blog hari ini maka uang dalam jumlah banyak akan mengalir bulan besok. Penting untuk diingat, bukan blog anda yang kemudian berubah menjadi uang, tetapi dari para pengunjung blog anda mendapatkan uang. Proses ini tidak sebentar, akan membutuhkan cukup waktu dalam prosesnya sampai blog bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Kita buat perumpamaan, anggap saat ini anda adalah seorang pedagang sapi yang ingin membesarkan sapi tersebut. Jangan berharap dalam satu minggu atau satu bulan sapi anda segera ramai ditawar para pembeli. Tentu saja sangat diperlukan perawatan yang baik pada sapi itu sampai besar. Karena setelah itu sapi anda akan memiliki nilai jual yang tinggi dan mulai mendatangkan para penawar tentunya.

Begitu juga dengan blog. Jangan menawarkan blog ketika usianya masih prematur. Perumpamaanya seperti menawarkan sapi tadi ketika masih kecil ke pasar hewan. Sebab mana ada yang mau membelinya dengan harga tinggi. Bahkan tidak menutup kemungkinan sekalipun Anda tawarkan dengan harga murah belum tentu laku dijual, sebab kebanyakan orang berada dipasar mencari sapi yang siap untuk di sembelih untuk di makan atau di jual lagi.

Hal lain yang nantinya akan dialami jika melakukan semuanya dengan instant adalah kekecewaan, sebab blog bukan merupakan tambang uang yang dengan mudah dibangun dalam waktu singkat. Apabila anda serius ingin membangun blog untuk di monetisasi atau untuk bisnis online, tentunya harus memiliki konsep dan mindset serta cara berpikir seperti seorang pedagang sapi tadi, yang harus tahu kapan saat tepat untuk memetik hasil dari blog yang dibuat.

Cara Teruji Untuk Mengembangkan Blog Bisnis Online

Seperti layaknya seorang pedagang tadi yang merawat sapinya itu. Dengan penuh semangat dan kesabaran hari demi hari memberikan makanan, air, juga perawatan kesehatan untuk hewan ternak yang dipeliharanya. Dalam hal mengembangkan blog anda juga membutuhkan 3 hal, dan itu adalah:
  • Artikel Berkualitas
  • Backlink
  • Pembangunan struktur HTML blog seperti template yang SEO friendly

Jika anda bertanya apakah tiga hal tersebut penting untuk membangun blog bisnis online? Berikut ini akan coba saya jelaskan apa saja peranan dari ketiga hal itu.

Artikel Berkualitas Berperan Mendatangkan Sumber Trafik Dari Search Engine

Sudah dijelaskan di atas, untuk monetisasi blog bisnis online sangat membutuhkan traffic yang berlimpah yang berasal dari mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo. Saya akan coba membahas bagaimana prosesnya sehingga seseorang dapat mengunjungi sebuah blog melalui search engine? Jelasnya karena mereka mengetikkan kata kunci di mesin pencari Google. dari sanalah Google mengantarkan mereka berdasarkan kata kunci yang diketikan itu. Keyword atau kata kunci sangat sensitif sekali, kesalahan dalam mengetiknya saja dapat merubah hasil dari pencarian yang ditampilkan.

Sebab itulah pentingnya membuat jumlah artikel yang banyak dan yang memiliki kata kunci bervariasi untuk disajikan kepada pembaca. Untuk sebuah topik saja, alangkah bagus apabila dibahas sampai 10 s/d 15 kali dengan konsep penulisan yang berbeda, dengan begitu maka akan semakin beragam keyword yang dimiliki agar mampu mengantarkan para pengguna mesin pencari ke blog anda. Ini yang sering menjadi kendalanya, yaitu rasa malas mengetik untuk membuat artikel yang banyak. Saran saya untuk yang lebih banyak mengikuti rasa malas, lebih baik dari awal anda tidak perlu susah-susah berpikir ingin berkecimpung di dunia blogging. Sebab di dunia nyata saja orang malas tidak dibanyak dicari dan dibutuhkan, apalagi ini di dunia online.

Cara Untuk Memperbesar Peluang Blog

Tahukah anda tentang nilai konversi blog? Contoh ada dua buah toko berbeda, toko pertama cuma menjual beberapa merek minyak goreng, dan toko kedua menjual produk yang beraneka macam. Kita anggap datang sekitar 50 pengunjung ke toko pertama, nah dari 50 pengunjung yang mencari minyak goreng misalnya cuma ada 7 orang, sementara yang 43 orang lainnya tidak dapat menemukan barang yang sedang dibutuhkan.

Lalu 50 orang ini menuju toko kedua. Disana mereka dapat menemukan barang yang sedang dicari, dengan begitu 43 orang tadi mereka berbelanja di toko kedua. Melihat kasus tersebut, kita tahu bahwa banyaknya pengunjung sama saja 50 orang, namun nilai konversi yang diperoleh toko kedua lebih banyak. Itulah masalahnya.

Jadi bagaimana mungkin sebuah blog yang dibangun untuk di monetisasi menjadi blog bisnis online bisa ramai oleh pengunjung, apabila hanya memiliki sedikit artikel, sudah begitu tidak mempunyai variasi. Ini adalah hal penting yang harus diperhatikan dan di ingat.

Backlink Mempunyai Peranan Penting Untuk Monetisasi Blog

Pringkat blog didapatkan juga dari backlink. Perlu anda ketahui betul sampai saat ini traffic dari search engine Google masih dibilang merupakan traffic terbaik. Alasannya pengunjung yang datang dari mesin pencari itu dapat diibaratkan seperti orang yang datang untuk berbelanja ke pasar. Mereka bisa dipastikan jelas mencari apa yang anda tawarkan saat orang itu mengetikan kata kunci yang dicarinya di search engine Google. Ini tentu berbeda sekali dengan anda menawarkan kepada orang lain menggunakan iklan baris, google adwords, atau dengan beriklan di facebook. Artinya belum tentu mereka membutuhkan apa yang kita tawarkan.

Oleh karena itu, apabila menginginkan blog anda laris di pasar Google, hal terbaik yang harus bisa anda lakukan adalah dengan memiliki konsep, bagaimana caranya agar dapat meyakinkan Google bahwa blog anda memiliki artikel yang berkualitas. Hal yang menjadi bagian dari indikator penting dan digunakan Google untuk menilai seberapa berkualitasnya artikel sebuah blog, yaitu dilihat dari jumlah backlink. Dengan semakin banyaknya backlink dari blog lain yang juga memiliki peringkat baik yang menuju blog anda, tentu saja akan reputasi blog pada search engine akan semakin baik juga, itulah yang akan menjadi alasan lebih banyak para pengguna yang akan diantarkan oleh Google ke blog anda.

Pembangunan Struktur HTML atau Template Blog

Penting bagi anda untuk berhati-hati ketika memasang apa saja pada template atau blog anda. Jangan hanya karena tidak menemukan kendala, kelihatannya saja semua berjalan lancar, tapi jika saja anda melakukan kesalahan seperti memasang link yang tidak disukai crawler atau robot google, itu akan berakibat peringkat blog mendadak turun drastis. Salah satu contoh Google tidak suka dengan iframe dan link yang menuju ke situs seperti jasa review. Tidak disarankan anda memasang link seperti itu sebab akan membuat proses optimisasi menjadi terhambat.

Ciri Blog Sudah Berkembang Dengan Baik

Jika seorang pedagang sapi tadi melakukan 3 hal di atas, hasilnya dapat dilihat pada berat daging ketika ditimbang. Untuk blog anda dapat melihat ciri-ciri dari blog sudah berkembang yaitu denagn meningkatnya traffic yang tinggi. Melimpahnya pengunjung blog atau traffic yang tinggi itulah yang akan menjadi sumber pendapatan anda nantinya. Lalu bagaimana cara mengkonversi tingginya traffic blog agar bisa menjadi sumber pendapatan, kita akan bahas dulu mengenai dua jenis trafic.

2 Jenis Traffic Blog Yang Penting Diketahui

  • Traffic Umum. Traffic blog bisa dikatakan memiliki kategori sebagai trafik umum kalau pengunjung yang datang dengan beragam tujuan dan keinginan. Beberapa ada yang memang mencari apa yang anda tawarkan. Namun ada juga yang datang hanya sekedar blogwalking saja. Sebagian lagi mungkin karena tertarik oleh foto yang anda pasang di twitter, atau di media sosial lainnya. Namun siapapun pengunjung yang datang ke blog anda, tetap dapat dikategorikan sebagai traffic yang juga dibutuhkan.
  • Traffic Khusus. Jenis traffic ini merupakan pengunjung yang memang lebih fokus mencari apa yang ditawarkan oleh anda. Traffic atau pengunjung jenis inilah yang datang dari search engine. Nah para pengunjung untuk kategori trafic ini yang lebih mudah anda ubah untuk menjadi calon pembeli, kalau memang anda menawarkan produk khusus.

Dengan memahami dua jenis traffic tersebut, sekarang tinggal anda pilih saja ingin mendatangkan traffic atau pengunjung yang seperti apa. Dari kedua jenis trafik yang dijelaskan, keduanya memiliki peluang masing-masing untuk bisa di konversi agar bisa menghasilkan uang.

Monetisasi Blog Sesuai Dengan Trafik Umum

Mengikuti Program Adsense

Apabila anda memiliki konsep ingin mencari traffic umum, hal terbaik yang bisa saya sarankan adalah mengikuti program adsense. Selain itu pilihan lain untuk blog dengan kategori yang mendatangkan trafic umum anda dapat membuka lapak pemasangan iklan baris atau iklan banner di blog anda, dimana jumlah pengunjung yang banyak cukup menarik minat para pemasang iklan atau advertiser. Monetisasi blog dengan program adsense tidak terlalu membutuhkan traffic khusus, sebab siapapun pengunjung yang datang ada kemungkinan mengklik iklan yang dipasang.

Supaya blog yang di monetisasi bisa menghasilkan uang dari program adsense yang anda ikuti, membutuhkan traffic yang cukup besar, sebab tentu tidak semua pengunjung akan mengklik iklan anda. Misalnya saja, bayaran yang anda dapat untuk per klik iklan Rp.500, supaya bisa mendapatkan Rp. 100.000 klik yang ditargetkan harus sekitar 200 klik.

Jika kita perkirakan 200 klik tersebut berasal dari 200 pengunjung, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh 1% yang melakukan klik iklan, maka pengunjung per hari yang anda butuhkan sekitar 20.000 pengunjung per hari agar bisa menghasilkan uang sebesar Rp.100.000 per harinya. Dengan jumlah pengunjung 20.000 per hari taksiran pendapatan anda per bulan bisa mencapai Rp.3.000.000. Itulah yang menjadi alasan kenapa anda harus berusaha mampu menaikkan trafik pengunjung, jika ingin mendapatkan penghasilan yang besar.

Membuka Lapak Iklan Baris Atau Iklan Banner Ads

Pilihan monetisasi blog dengan membuka lapak iklan, bisa juga dijadikan sebagai alternatif lain yang dapat anda pilih. Untuk monetisasi blog dengan cara ini, tidak diperlukan 20.000 trafic pengunjung per hari seperti pada monetisasi dengan adsense. Dengan jumlah trafik sekitar 5000 pengunjung per hari, pembayaran yang anda dapatkan sudah boleh dibilang lumayan.

Contoh misalnya anda membuka 5 lapak untuk banner ads dengan bandrol Rp.200.000, 5 lapak lainnya untuk banner yang dibandrol Rp.100.000, kemudian 10 lapak buat banner dengan bandrol Rp.50.000. Maka perkiraan hasil yang anda dapat, adalah Rp.2.000.000 per bulan. Monetisasi blog dengan cara membuka lapak iklan cukup membutuhkan setengah dari jumlah trafik blog yang di monetisasi dengan program adsense.

Monetisasi Blog Sesuai Dengan Traffic Khusus

Jika pilihan anda adalah ingin menjual produk tertentu ataupun ingin membuka jasa yang akan anda tawarkan di internet melalui blog, maka disini yang anda butuhkan adalah trafic khusus. Seperti membuka blog toko fashion, sepatu, perhiasan online, atau ingin menawarkan jasa seperti serpis panggilan, jasa jual ticket bis, atau jasa pengiriman barang online dll. Traffic yang datang dari mesin pencari Google tentu akan sangat membantu anda dalam bisnis ini.

Misalnya anda ingin membuka toko sepatu online. Anda menginginkan keuntungan misalnya Rp.20.000 per transaksi. Jika traffic blog dapat mencapai 5000 pengunjung per harinya dan diperkitrakan 2% dari total pengunjung tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. Taksiran penjualan anda sekitar 100 penjualan per hari. Jika dikalikan dengan keuntungan yang didapat yaitu Rp.20.000, penghasilan anda per hari bisa mencapai Rp.2.000.000.

Seperti itulah konsep yang dapat saya jelaskan secara singkat mengenai bagaimana cara belajar monetisasi blog supaya sukses di bisnis online. Semoga saja apa yang saya tulis dari awal sampai akhir ini, dapat membantu sahabat semua, atau paling tidak artikel ini bisa anda jadikan sebagai gambaran seperti apa sebenarnya proses membangun blog dari awal sampai bisa memberikan penghasilan bagi yang membuatnya. Salam sukses.


Suka dengan artikel ini, Bagikan:

0 comments :

Post a Comment